Saturday, June 11, 2011

RM Pelangi Khas Makassar

Kelapa Gading yeaay one of my favorite place to go for "Wisata Kuliner". Dari makanan Makassar, Jawa, Seafood, you name it! Lengkap kap kap.. semuanya bisa kita temukan di Kelapa Gading. Suatu sore, saya dan pacar saya memutuskan untuk mencari makan ke daerah Utara, sekalian mengantarkan teman kita pulang. Kebetulan, rumah teman kita di Kelapa Gading. Setelah sampai, kita bingung memutuskan mau makan apa. Akhirnya, berhubung pacar saya orang Makassar, dia memutuskan untuk makan di Rumah Makan Makassar. RM Pelangi. One of his favorite, beside RM Maranu. Yang letaknya pun tidak jauh. Hanya berbeda beberapa ruko saja. Kami pernah makan di RM Maranu sebelumnya, jadi sore itu kami memutuskan untuk makan di RM Pelangi. 

Sebenarnya, kita sudah makan sebelumnya di kampus. Jadi, perutnya tidak terlalu lapar. Kita pesan 3 (tiga) menu dari Makanan Berat sampai Dessertnya dan semuanya untuk sharing. Makanan pertama adalah Mie Titi. Lalu homemade Mie Pangsit, dan untuk penutupnya adalah Es Pisang Ijo khas Makassar. Untuk harganya, tidak terlalu mahal. Yaaa lumayanlah.. Kalau tidak salah totalnya sekitar 70,000 untuk makan bertiga + minumnya. (maaf karena ini sudah lama jadi saya lupa harga-harganya. my bad :p)

Penampakan Mie Titi. Ini adalah sejenis mie kering yang disajikan dengan kuah kental dan irisan ayam, udang, jamur, hati, dan cumi. Seperti i fu mie, bedanya mienya sangat tipis. Mie titi ini cocok sekali untuk sharing. Tapi kalau boleh jujur, i'm not a big fan of mie titi. Saya lebih memilih mie pangsitnya yang mantap hehehe..
Homemade mie pangsit. Mie nya rasanya enak sekali. Sangat gurih dan asin. Bagi yang lidahnya cocok dengan makanan yang asin, harus coba. Mungkin karena mienya dibuat sendiri. Biasanya, kalau makan mie ayam saya selalu menambahkan sambel, tapi saat makan mie pangsit ini, tidak diberi sambal pun sudah enak. Dan kebetulan sambel yang tersedia di meja, tidak ada yang cocok untuk mie ayam menurut saya. Jadi, untunglah si mie nya sendiri sudah enak. Ayamnya juga berbeda dari mie ayam kebanyakan. Sepertinya ayamnya hanya direbus menggunakan air kaldu. Pokokknya enak deh..


Kalau yang satu ini sih kesukaan saya. Es Pisang Ijo yang tentunya seger banget. Salah satu es pisang ijo yang paling enak yang ada di Jakarta. Karena sebetulnya saya belum pernah merasakan es pisang ijo yang asli nya di Makassar. hihihi :P Enyak enyak enyaaaak :D




Selain seafood (ikan, kepiting, dkk), coto, dan konro, makanan yang jadi khas dari RM Pelangi ini adalah Nasi Goreng Merah. Katanya sih enak banget. Dan kebetulan waktu itu saya melihat pesanan orang lain dan porsinya gede. Banyak banget. Lagi-lagi cocok untuk sharing. Next visit, sepertinya wajib memesan nasi goreng merah. Oiaa disini tentunya dijual kue-kue dan jajanan khas Makasar. Salah satunya adalah Jalangkote. Seperti pastel, cuma kulitnya yang berbeda. Jalangkote ini enaknya dimakan pakai sambel cabe+ cuka. Rasanya asem-asem pedes gitu laah.. Sambelnya juga terkenal enak. Sayangnya, saya kurang beruntung sore itu. Jalangkote di RM Pelangi sudah habis. Karena penasaran, berjalan lah saya ke RM Maranu, untuk membeli Jalangkote. Namun, yak hal yang sama terjadi. Sang penjual menyatakan kalau Jalangkote nya sudah habis. Yaah.. nasib nasib. Padahal udah keburu janji sama sang ibu mau membawakan pulang Jalangkote. Alhasil, saya hanya membelikan panada. hehe :p

My next kuliner Makassar would be Konro and Coto. Ps : Konro bakar di RM Maranu enaknya gak ada obatnya. Saya pernah makan disitu tapi tidak sempat berfoto-foto. Lain kali saya akan makan disana lagi dan tentunya akan berbagi pada kalian semua. ho ho ho (siapa kalian? ngomong sm diri sendiri padahal :P hihihi)

RM Pelangi Khas Makassar
Jalan Boulevard Raya Blok TA2 no.21 
Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Telepon : 021 4530003

Buka dari jam 08.00-22.00

No comments:

Post a Comment